WELCOME TO OFFICIAL BLOG OF KEBALENAN ELEMENTARY SCHOOL Langsung ke konten utama

EXTRACURRICULAR ENGLISH CLUB


Pendidikan merupakan hal yang wajib didapatkan bagi setiap warga negara. Pendidikan juga merupakan suatu tolak ukur atas kemajuan suatu bangsa. Tanpa adanya pendidikan, Indonesia tidak akan mampu menjadi bangsa yang maju dan bermartabat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Lewat pengajaran dan pelatihan inilah, seseorang atau kelompok mampu memiliki ilmu. Namun, ilmu yang didapatkan pada pelajaran tertentu, khususnya bahasa Inggris di jam sekolah tidaklah cukup. Anak didik perlu mendapatkan pelajaran tambahan diluar jam sekolah dan Extracurricular English Club menjadi jawaban dari permasalahan tersebut.

              English Club merupakan extracurricular yang  bertujuan untuk:
1.       Sebuah wadah pembelajaran Bahasa Inggris yang lebih menyenangkan bagi siswa dalam menggunakan dan mempraktekkan Bahasa Inggris.
2.        Sebagai pembangun semangat siswa untuk terus belajar dan mengembangkan ketrampilan komunikasi siswa dalam Bahasa Inggris.
3.        Sebagai sarana untuk memperbanyak / menambah materi dan Vocabulary (kosa kata)
4.  Sebagai sarana untuk melatih kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris (Speaking).
5.       Sebagai sarana untuk mengembangkan 4 kemampuan (skills) dalam Bahasa Inggris yakni, Listening, Reading, Speaking dan Writing.
Adapun kegiatan yang akan diberikan kepada siswa peserta extracurricular English Club sebagai berikut:
1.      Penambahan Materi Bahasa Inggris
2.      Permainan Berbahasa Inggris yang bertujuan untuk menambah kosa kata
3.      Conversation (Percakapan)
4.      Membaca dalam Bahasa Inggris
5.      Bercerita dalam Bahasa Inggris
6.      Mengarang dalam Bahasa Inggris

Sasaran extracurricular English Club adalah siswa – siswi SDN Kebalenan kelas 1 sampai dengan 6 yang memilih extracurricular English Club.

              Hasil yang Diharapkan dari extracurricular ini adalah:
1. Siswa dapat menyenangi pelajaran Bahasa Inggris dan mereka mampu untuk menguasai keempat skills berbahasa Inggris
2. Membuktikan pada siswa bahwa belajar Bahasa Inggris adalah sangat menyenangkan dan tidak sulit seperti yang mereka bayangkan.
3. Karakter siswa untuk selalu berani dalam berkompetisi dapat tertanam seutuhnya.

    Kegiatan ini dilaksanakan pada:
Hari            : Sabtu
Jam             : 11.00 s.d. 12.00 WIB


Struktur Organisasi
Penanggung Jawab     : Dra. Emy Triastutik, MM
Pembina                      : Yuliani, Spd.
Cakra Lailyanto Nugraha
Ketua                          : Muhammad Iqbal
Wakil Ketua                : Hanunah Yasmin Ainun
Sekretaris                    : Naufal Herdhana Putra
                                      Farrel Adika Firdaus P.
Bendahara                   : Muhammad Nuril Anwal
Rijal Pangestu
Anggota                      : Siswa Kelas 1 s/d 6


PROGRAM – PROGRAM
ENGLISH CLUB
1. English Material for English Event
Program ini dilakukan untuk penambahan materi pada semua peserta English Club sebagai bahan persiapan untuk Lomba dan Kegiatan berbasis Bahasa Inggris.

2. English Club Environmental Care

Sebagai Sekolah Adiwiyata, SDN Kebalenan dituntut dapat berpatisipasi dalam kepedulian terhadap lingkungan, baik di sekolah maupun di masyrakat. Di dalam program ini, peserta English Club akan melakukan serangkaian kegiatan  pembelajaran Bahasa Inggris di luar sekolah (Outdoor Learning) dan Lingkungan. Seperti yang telah dilakukan pada hari Minggu, 21 Mei 2017, siswa - siswi SDN Kebalenan mengadakan Outdor learning di Pantai Cemara. Dalam acara tersebut, siswa-siswi melakukan praktek speaking dengan Ms. An Yuri dan Mr. Shin Yosep sebagai native speaker. Dua pengajar SDN Model dari Korea Selatan ini mengaku senang dengan diadakannya Outdoor Learning bertemakan lingkungan. Setelah Talking with Native Speaker, siswa -siswi kelas 1-3 mewarnai gambar dan kelas 4-6 melakukan game atau permainan dalam bahasa Inggris. Untuk lebih lanjut, dapat dilihat pada video di bawah ini. 

 
3. Talking with Native
Talking with Native merupakan program yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan berbicara (Speaking) pada peserta. Nantinya, Native Speaker (penutur Bahasa Inggris asli) akan didatangkan oleh Pembina dan melatih mental, keberanian dan kemampuan anak dalam Percakapan berbahasa Inggris.

4. Read Aloud and Reading Comprehension
Read Aloud (Membaca dengan Keras) dan Reading Comprehension (memahami bacaan) merupakan metode untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam Bahasa Inggris. Metode ini perlu dilakukan sebagai wadah anak untuk menyampaikan informasi dari sebuah teks dan sebagai wadah untuk meningkatkan minat anak dalam membaca. Program ini sejatinya bertujuan sebagai pendukung atas berjalannya program literasi di lingkungan SDN Kebalenan

5. English Game
Satu lagi metode yang dapat diberikan kepada anak untuk menambah kosa kata dalam Bahasa Inggris, yakni melalui game. Melalui program English Game, nantinya peserta Extracurriculer English Club diberi permainan yang berguna untuk meningkatkan kosa kata. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KURSI DAN MEJA ECOBRICK

SDN Kebalenan melakukan terobosan terbaru dalam hal kebersihan lingkungan. Dengan menggunakan salah satu prinsip 3R yakni reuse , SDN Kebalenan berhasil membuat kursi dan meja dari Ecobrick . Pembuatan meja dan kursi Ecobrick ini sendiri diprakarsai oleh Kepala Sekolah SDN Kebalenan, Dra. Emmy Triastuti, MM. Sebagai salah satu sekolah yang menyandang predikat Adiwiyata, terobosan seperti ini dirasa perlu dilakukan oleh SDN Kebalenan. Karena bahan yang digunakan juga terdapat dilingkungan sekitar. Bahan yang digunakan pula hanya menggunakan bahan daur ulang botol aqua dan sampah plastik. Walau terlihat sederhana, namun juga perlu memperhatikan perhitungan yang matang. Sebagai contoh, jika sampah plastik yang berada didalam botol kurang padat, maka yang akan terjadi botol tersebut akan penyok. Itulah sebabnya botol aqua harus terisi padat oleh sampah plastik. Begitu pula dalam tehnik penempelan Ecobrick antara yang satu dengan yang lain. Kita harus menggunakan lem yang

PROGRAM SISWA ASUH SEBAYA (SAS) SDN KEBALENAN

Program Siswa Asuh Sebaya (SAS) merupakan program pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Program ini bertujuan untuk membantu siswa siswi yang kurang mampu dari hasil sumbangsih teman-teman sebayanya.  Di SDN Kebalenan sendiri, program ini sudah berjalan dari awal program di canangkan. Sebagai hasil, banyak siswa yang kurang mampu merasa tertolong dan kembali bersemangat bersekolah. Wujud bantuan yang diberikan bukan hanya berupa uang, namun juga berupa buku, seragam dan keperluan sekolah lainnya. Sesuai dengan tujuan awal SAS yakni sumbangsih dari siswa siswi untuk membantu sebayanya yang membutuhkan, maka di SDN Kebalenan dibentuklah tim SAS yang beranggotakan siswa kelas 4-5 dan di bimbing oleh Umi Masruroh, S. Pd. SD.  Berikut adalah susunan organisasi tim SAS SDN Kebalenan: Penanggung Jawab: Dra. Emmy Astutik, MM Pembina: Teti, S. Pd. SD dan Umi Masruroh, S. Pd. SD Ketua: Najwa Nayla Wakil Ketua: Rijal Pangestu Sekretaris: Dwi Wulandari  Bendahara: Dilla B